3 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Pati yang Unik

oleh
oleh-oleh khas pati
kerupuk ampo, brilicious.brilio.net

Jika kamu berkunjung ke kota Pati membeli oleh-oleh khas Pati merupakan agenda wajib yang sayang untuk dilewatkan. Berbagai makanan, jajanan, souvenir antik hingga kain batik bakaran tersedia di sana. Hal tersebut tentunya semakin membuatmu bingung memilih salah satu yang benar-benar khas dan unik untuk dijadikan oleh-oleh.

Sudah banyak diketahui bahwa kabupaten Pati terkenal dengan batik bakaran dan bandeng prestonya. Selain kedua ciri khas tersebut, berikut ini 3 rekomendasi oleh-oleh unik dari bumi mina tani yang bisa kamu coba.  

1. Kerupuk Ampo

Dilihat dari namanya saja kerupuk ampo ini terlihat unik, apalagi jika kamu mengetahui bahan baku pembuatannya. Krupuk ampo ini terbuat dari tanah liat yang sudah dikeringkan. Tanah tersebut diolah sedemikian rupa, dipotong tipis-tipis hingga membentuk sebuah kerupuk.

Bahan baku ampolah yang semakin membuat para pelancong penasaran dengan rasa krupuk tersebut. Namun demikian, kerupuk ini terbilang susah didapat, karena semakin langka para pembuatnya. Penasarankan bagaimana rasa krupuk tanah liat? Jangan lupa ya untuk berburu ampo jika mampir ke Pati.

2. Telur Lurik

Telur ini bukan sembarang telur, yang membuat telur lurik berbeda dari telur biasanya adalah cara pengolahannya. Telur ini dibuat dengan cara mengasapinya, sehingga cangkangnya berubah warna menjadi coklat keputihan.  Rasanya yang enak membuat telur lurik menjadi oleh-oleh khas Pati yang banyak dicari.

3. Kerajinan Kuningan

Selain kerupuk ampo dan telur lurik, yang khas dari pati lainnya yaitu kerajinan tangan yang terbuat dari kuningan. Berbagai bentuk kerajinan kuningan ini seperti, perhiasan, gantungan kunci, asbak, patung, vas bunga dan masih banyak lagi bentuk lainnya.

Kerajinan ini banyak sekali dicari oleh para wisatawan. Kerajinan kuningan ini banyak ditemukan  di desa Juwana. Oleh-oleh unik ini wajib kamu beli untuk melengkapi perjalananmu ke kota Pati.

Nah, itulah tadi 3 rekomendasi oleh-oleh khas pati yang wajib kamu beli. Selain harganya terjangkau, rasa dan bentuknya juga unik. Sangat cocok dijadikan buah tangan favorit untuk dibagikan ke sanak saudara agar mereka semakin penasaran dengan kota Pati.

No More Posts Available.

No more pages to load.