3 Museum di Kudus yang Wajib Kamu Kunjungi

oleh
museum di kudus
museum jenang : ig mubarokfood_cipta_delicia

Kota kudus yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini tidak hanya dikenal dengan icon menara kudusnya saja. Namun ada wisata sejarah dan edukasi lainnya yang juga menarik seperti museum-museum di Kudus.

Pada kesempatan ini akan dibahas 3 museum di Kudus yang bisa kamu kunjungi. Museum itu seperti museum kretek, patiayam, dan museum jenang.

1. Museum Kretek

Kudus memang dikenal dengan kota kretek. Maka tak heran jika di sana juga terdapat museum rokok kretek.

Cukup dengan Rp. 1500 di hari biasa atau Rp 2000 di hari libur, kamu bisa masuk ke museum kretek untuk mengetahui proses produksi rokok kretek. Selain itu juga terdapat sejarah rokok kretek kudus dari jaman dahulu hingga sekarang.

Hal lain yang menarik dari museum ini adalah adanya waterboom untuk anak maupun orang dewasa. Museum ini dibuka dari mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

2. Museum purbakala situs pati ayam

Jika kamu berkunjung ke sini, kamu akan banyak belajar tentang berbagai macam fosil dan artefak jaman purba. Lokasinya juga sangat strategis hanya sekitar 30 menit dari pusat kota kudus.

Cukup dengan Rp 5000 kamu bisa belajar sejarah purbakala di museum yang terletak di desa terban jekulo ini. Sama dengan museum kretek, jam operasi mereka mulai dari pukul 8 pagi hingga dengan jam 4 sore.

3. Museum jenang

Kudus juga dikenal dengan makanan khasnya yaitu jenang kudus. Untuk menghargai para pendahulu yang membuat jenang kudus maka dibuatlah museum ini. Letaknya hanya sekitar 500 meter dari alun-alun simpang tujuh Kudus. Semua orang bisa berkunjung ke sini tanpa dipungut biaya.

Di museum jenang ini kamu bisa mengetahui proses pembuatan, penyajian hingga pelestarian jenang dari generasi pertama tahun 1910, hingga generasi ke tiga sekarang ini. Selain itu juga terdapat berbagai peralatan yang digunakan para pembuat jenang dari jaman dahulu hingga sekarang.

Di museum ini kamu juga bisa menemukan geleri batik kudus dan produk UMKM khas kudus lainnya. Ada juga beberapa potret kudus jaman dulu, seperti stasiun kreta api, foto bupati dari masa ke masa hingga rumah adat kudus.

Itulah tadi 3 museum di Kudus yang wajib kamu kunjungi. Wisata sejarah dan edukasi ini pas banget untuk kamu yang ingin berwisata sambil menambah pengetahuan. Lokasinya mudah dicari selain itu budget yang kamu keluarkan juga sangat minim. Jadi kapan akan berkunjung? Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di tempat wisata ya.

No More Posts Available.

No more pages to load.