10 Tempat, Wisata Kudus Hits

  • Whatsapp
wisata kudus hits
wisata kudus hits

Fokusmuria.co.id, WISATA – Kudus dikenal memiliki alam indah yang terlalu sayang untuk tidak dieksplor. Meski Kudus masih kurang populer dibandingkan Wisata Pati, Surabaya atau Semarang sebagai tujuan wisata, namun kabupaten ini punya banyak wisata alam menarik untuk Anda!

Wisata Alam Selam Semliro

Ingin buat feed Instagram Anda terlihat semakin menarik? Jangan lewatkan mampir ke wisata alam Semliro yang ada di kawasan Desa Wisata Rahwatu ini ya! Ada banyak sekali spot foto instagramable dengan latar belakang pemandangan pegunungan yang ciamik!

Bacaan Lainnya

Mulai dari jembatan yang terbuat dari bambu yang selalu jadi incaran wisatawan yang ke sini, bunga raksasa hingga sayap malaikat dengan view yang begitu memikat.

Oh ya, Anda juga bisa melihat pemandangan super menawan area lereng Gunung Muria dari tempat ini lho!

Tersedia juga saung-saung kecil untuk tempat bersantai sambil menikmati makanan ringan yang dijual di sini. Oh ya, jangan sampai terlewatkan kalau makan di Semliro ini juga punya banyak spot foto menarik lho!
Siapa sangka tampah bambu bisa disulap menjadi objek foto Instagrammable seperti ini?

Wisata Kudus Ternadi

Lokasinya yang berada di area pegunungan memungkinkan Anda menikmati pemandangan cantik yang begitu memanjakan mata. Jika cuaca cerah, Anda juga bisa melihat Pantai Juwana hingga Rembang dari tempat wisata ini lho!

Wana Wisata Ternadi

Mulai dari balon udara, kapal, sangkar burung di atas pohon cemara, bunga matahari berukuran raksasa hingga spot I Love U dengan view yang bisa buat malas pulang.

Lokasi: Ternadi, Dawe, Area Kebun, Kabupaten Kudus 59353.
Telepon: 0822 4355 9922
Jam Operasional: Buka 24 jam
Tiket Masuk: Rp5.000

Grey Canyon

Grey Canyon

Tempat wisata yang tergolong baru di Kudus ini sebenarnya adalah lokasi galian tambang pasir dan batu yang sudah tidak beroperasi lagi. Sisa-sisa galian meninggalkan tebing-tebing cantik yang populer di kalangan anak muda Kudus.

Karena banyak di-share di media sosial, semakin banyak wisatawan yang penasaran dan datang kesini untuk berfoto dengan latar belakang tebing-tebing tinggi yang terlihat mirip Grand Canyon di Amerika.

Oh ya, karena ini bekas galian tambang, fasilitas di sini masih tergolong belum memadai.

Lokasi: Desa Tanjung Rejo Kec. Jekulo Kab. Kudus Jawa Tengah. Koordinat di sini.
Jam Operasional: 24 jam
Tiket Masuk: Gratis

Desa Wisata Kudus Rahtawu, Gebog

Kota Kudus memang dikenal memiliki keindahan lama yang begitu memukau.

Desa Wisata Rahtawu, Gebog

Ada banyak sekali pilihan tempat wisata yang ditawarkan desa wisata ini. Sebut saja pemandian alam Kedung Gong yang menawarkan pemandangan apik batu-batu besar yang menghiasi sungai berair jernih ini. Pemandian ini aman untuk anak-anak selama diawasi saat bermain air ya!

Selain itu ada juga Omah Dongkas untuk Anda yang suka kulineran ditemani view pegunungan yang hijau dan eksotis.

Tak ketinggalan ada juga Air Terjun Mpetung, Air Terjun Kertomo, Curug Rahwatu dan gardu pandang Bukit Geneng yang hits sekali untuk berfoto sambil menikmati keindahan pemandangan Kudus dari ketinggian

Puncak 29 (songo likur), Gunung Muria

Bagi Anda yang suka mendaki gunung, Puncak Natas Angin Gunung Muria ini wajib masuk dalam list tempat wisata yang akan dikunjungi di Kudus. Puncak ini dikenal memiliki pemandangan indah plus lautan awan yang akan buat Anda berasa di atas dunia!

Puncak 29 (songo likur), Gunung Muria

Anda bisa mendaki ke puncak ini lewat Desa Rahwatu. Dibutuhkan sekitar 6 jam untuk mendaki hingga ke puncak ini. Namun selama perjalanan mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan super keren yang sayang jika tidak diabadikan.

Medan perjalanan menuju puncak tertinggi kedua di Gunung Muria ini lumayan menantang. Seperti saat melewati jalur naga yang sempit, menanjak dan berkelok-kelok. Namun lagi-lagi mata Anda akan dimanjakan pemandangan indah yang begitu memikat.

Dan ketika sudah sampai puncaknya di ketinggian 1512 mdpl, Anda akan langsung disambut pemandangan Kudus dari ketinggian yang begitu indah. Jangan lupa bermalam di puncak ini dengan mendirikan tenda untuk mengejar pemandangan matahari terbit yang syahdu.

Wisata Colo Kudus (Air Terjun Montel)

Masih berada di kawasan Gunung Muria, air terjun cantik yang satu ini jangan sampai kelewatan ya! Memiliki ketinggian sekitar 50 meter, air terjun ini memiliki debit air yang cukup deras saat musim hujan dan sedikit mengering di musim kemarau.

Air Terjun Montel

Namun jangan khawatir karena level airnya masih aman bagi Anda yang ingin merasakan dinginnya air pegunungan. Ada banyak batu-batu besar yang bisa jadi penahan jika arus terlalu kuat, namun hati-hati awas terpeleset ya.

Fasilitas di air terjun ini lumayan lengkap. Ada toilet umum untuk membersihkan diri sehabis bermain air dan juga warung-warung penyelamat di saat lapar.
Siapkan kamera untuk mengabadikan keindahan air terjun ini ya!

Air Terjun Kali Banteng

Air terjun lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah air terjun Kali Banteng yang bisa dilihat saat melakukan pendakian ke Puncak Natas Angin.

Air Terjun Kali Banteng


Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki tiga tingkat dengan karakteristik masing-masing yang asyik untuk ditelusuri.

Ada jembatan kayu di tengah aliran sungai di dekat air terjun ini yang jadi spot paling ‘laris’ untuk berfoto ria.

Oh ya, air terjun ini memiliki banyak celah dengan dinding-dinding batu tajam yang asyik untuk spot main air. Namun harus tetap hati-hati agar tidak terpeleset atau terkena batu ya!

Lokasi: Area Gunung Muria, Rahtawu, Kabupaten Kudus.
Tiket Masuk: Rp2.000 per orang
Jam Operasional: 08.00 – 17.00

River Tubing Desa Jurang

Suka hal-hal yang berbau adrenalin?
Tak heran Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu jika ingin mampir ke sini.

River Tubing Desa Jurang

Debit air yang deras di beberapa titik serta bebatuan alami di tengah sungai semakin menambah keseruan river tubing ini.

disana anda bisa menikmati river tubing ini pun tak main-main. Mulai dari hamparan sawah menghijau sebelum menuju lokasi, sungai berarus santai dikelilingi tebing batu yang keren hingga arus deras yang sering membuat peserta terjatuh. Ups!
Namun di situlah letak serunya river tubing di Desa Jurang ini! Semakin rame, semakin asyik lho!

River Tubing Desa Jurang.

Lokasi: Desa Jurang, Gebog, Kudus. Koordinat di sini.
Telepon: 085641276987 (harus reservasi terlebih dahulu)
Harga: Rp50.000 per orang

Taman Sardi

Tempat wisata alam yang satu ini menawarkan paket lengkap tempat liburan yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Taman Sardi yang memiliki pemandangan yang begitu syahdu dan didukung banyak fasilitas menarik ini tak pernah sepi lho!

Taman Sardi

Taman ini memiliki menara khas unik yang begitu menarik perhatian ketika tiba di tempat ini. Menara Pisang namanya! Dua menara berwarna kuning seperti pisang ini merupakan landmark spesial di tempat wisata ini. Harus antri yang sabar jika ingin berfoto dengan latar belakang menara ini ya!

Di taman ini Anda bisa menemui taman hutan yang luas, outbond untuk anak, area bermain anak dan juga area perkemahan dan tak ketinggalan tempat makan dengan hutan yang memanjakan mata!

Lokasi: Dusun Watulumpang, Desa Kajar, Dawe, Kabupaten Kudus.
Tiket Masuk: Rp15.000 per orang

Desa Wisata Wonosoco

Ingin menikmati damainya suasana pedesaan dengan pemandangan cantik yang menenangkan hati?

Desa Wisata Wonosoco

Di sini Anda akan disuguhkan keindahan hamparan sawah yang hijau dengan latar belakang Gunung Muria jika cuaca sedang cerah dan pegunungan karst Kendeng yang membentang dari bagian timur ke barat.
Ada juga hutan jati Instagrammable yang asyik untuk tempat berfoto.

Akses menuju desa wisata ini tidaklah sulit. Semilir angin sepoi-sepoi akan menemani perjalanan Anda melewati jalan selebar 2 meter menuju desa ini.

Lokasi: Sawah, Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus.

sumber: https://indonesia.tripcanvas.co

Pos terkait