1.069 Masyarakat Kudus, Hari ini Terima BST Kemensos Rp 600.000/orang

  • Whatsapp
bst kemensos kudus
suasanya penyerahan bst kemensos plt bupati kudus (foto/dok humas kudus)

fokusmuria.co.id, KUDUS – Sekitar 1.069 masyarakat Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang terdampak COVID-19 memperoleh bantuan sosial tunai (BST) tahap pertama sejumlah Rp600.000 per orang dari Kementerian Sosial.

Penyerahan diberi dengan cara simbolis oleh M. Hartopo selaku Pelaksana Tugas Bupati Kudus di Kantor Pos Kudus dengan dilihat Sri Haryatmo selaku Kepala PT Pos Cabang Kudus serta Sunardi selaku Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Pendudukan serta KB Kudus , Senin (11/5).

Plt Bupati Kudus M. Hartopo Menjelaskan ditemui selesai penyerahan BST di kantor Pos Kudus, bantuan yang diberikan untuk tahap pertama sekitar 1.069 masyarakat dari Kecamatan Kota, sedang dari kecamatan lain menyusul.

Baca Juga :  Warga Karangrejo Pucakwangi,Tuntut Transparasi Dana Desa

Keseluruhan penerima BST dari Kemensos se-Kabupaten Kudus 6.004 penerima bisa saja dapat bertambah.

Dalam penyerahan pertolongan itu, untuk mengurangi keramaian disiapkan 11 tempat pencairan, tiga titik salah satunya di Kantor Pos Kudus.

Dia mengutarakan sudah memberikan instruksi Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kudus untuk bikin skala prioritas buat beberapa penerima BST bantuan sosial Tunai .

“Penerima harus lah dari warga yang sedang terpuruk karena mata pencahariannya terpengaruh COVID-19. Hal itu dilakukan untuk hindari terjadinya kecemburuan sosial di warga, ” katanya.

Sebelum diberikan, diinginkan dibuatkan daftar penerima, hingga penerima bantuan sosial tunai dari Kemensos, Dana Desa, Propinsi serta Pemda Kudus dapat dikoreksi bersama, hingga ketika ada masyarakat mampu dapat dievaluasi bersama-sama .

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Kudus, Kamis (21 Mei 2020)

Nanti, semua data penerima akan ditempel di semua tingkat rukun tetangga (RT) dan di tiap kantor desa dengan arah supaya warga dapat turut mengonfirmasi serta penilaian, hingga kesemua orang tahu serta turut menilai.

Kabupaten Kudus memperoleh alokasi BST 10.155 masyarakat, tetapi dalam pengajuannya baru disepakati 9.000-an, sedang bekasnya masih proses pengecekan data.

Pos terkait